Lee Hyuk Jae

Lee Hyuk Jae

Sabtu, 01 Desember 2012

SEMANTIC


Semantic adalah Mendefinisikan arti dari program yang benar secara syntax dari bahasatersebut.
Semantic suatu bahasa pemrograman mempunyai banyakpotensial / keunggulanbeberapa diantara nya adalah :
 Standarisasi bahasa pemrograman.
   Banyak usaha yang dilakukan untuk menstandarisasi bahasa pemrograman sepertiFORTRAN, COBOL, dan PL/1, untuk lebih memudahkan programmer menggunakannya.
• Referensi untuk user.
  Programmer membutuhkan suatu dokumentasi yang pasti supaya user dapat mengoperasikan program yang dibuat dengan baik.
 Pembuktian dari program yang benar.
  Secara matematis, program tidak mungkin bekerja dan berjalan jika tidak ada semantic. 
 Referensi untuk implementor.
  Semantic akan mencegah suatu gaya bahasa yang tidak kompetibel yang diwujudkan dalamsuatu implementasi berbeda walaupun dengan bahasa yangsama.
 Implementasi otomatis
  Suatu tool/alat dapat secara otomatis membuatu translasi bahasa yang melebihi parsing. Hal ini dapat dilakukan jika semantic sudah dirumuskan.
• Pemahaman yang lebih baik dari desain bahasa.
  Jika suatu rumusan semantic sulit untuk di deskripsikan secara formal maka rumusan semantic tersebut juga akan sulit digunakan oleh programmer.
Dua alasan mengapa perlu memahami suatu desain bahasa pemrograman dengan lebih baik, yaitu :
1) Memahami dengan lebih baik suatu desain bahasa pemrograman, berarti mambantumenguasai dan menggunakan bahasa tersebut.
2) Memahami dengan lebih baik suatu disain bahasa pemrograman secara detail, membantuprogrammer untuk memperbaiki proses pengembangan program menjadi lebih baik. 
Teknik-Teknik Pendeskripsian Semantic Bahasa Pemrograman :
 Operational Semantic :: Pendekatan ini mendefinisikan suatu mesin buatan (Abstract) dengan instruksi-instruksi primitif, tidak perlu realistik, tetapi cukup sederhana supaya tidak muncul kesalahpahaman.Deskripsi semantic dari bahasa pemrograman menentukan suatu translasi kekode.
Denotational Semantic :: Pada pendekatan inidiberikan suatu fungsi yang memetakanprogram-program komputer yang ditunjuk kedalam bentuk nilai-nilai abstrak secaramatematika (angkanilaikebenaranfungsi matematikadan sebagainya).
Axiomatic Semantic :: Pada pendekatan ini didefinisikan suatu tindakan program yangdibangun dengan property logika yang menyimpan status computer sebelum dansesudah eksekusi.
Algebraic Semantic :: Pada pendekatan ini dipertimbangkan suatu objek komputasi yangmenjadi syarat-syarat dalam aljabar multi-sorted. Program meng-implementasikanfungsi yang dapat diwujudkan dengan suatu persamaan di antara syarat-syarattersebut.  
Structured Operational atau Natural Semantic :: Seperti dalam pengambilan keputusansecara alamiah dengan logika. Program diberi suatu arti dari aturan yang diturunkanyang menggambarkan penilaian gagasan suatu bahasa.
Penerapan Semantic
Misal :
  int nilai[10]
  Semantic akan menentukan deklarasi diatas akan menyebabkan ruang sebanyak 10 elemen integer yang diberikan kepada variabel nilai.
Contoh :
  if (a > b) max = a; else max = b;
  Ekspressi a > b harus di evaluasi, dan tergantung dari nilai ini, satu dari duastatemen di belakangnya akan dieksekusi.
  Aturan syntax memberikan bentuk pada statemen tersebut di mana dengan tepat meletakkan tanda “;” sehingga aturan semantic dapat mengartikannya dengan benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar